Kamis (27/07/2023) – Pemerintah Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah bagi acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 yang diselenggarakan selama tiga hari dimulai dari 27 Juli 2023 sampai 29 Juli 2023, pembukaan acara hari koperasi nasional ini bertempat di Kawasan Central Park Meikarta, Kabupaten Bekasi.

Peringatan hari Koperasi Nasional ini dihadiri oleh tamu undangan diantaranya Wakil Gurbenur Jawa Barat, Pj Bupati Bekasi, Pimpinan Perangkat Daerah Jawa Barat, Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Kelola Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Bidang KUKM Jawa Barat, Forkominda Jabar, Jamkrida Jabar, Disducapil Jabar, Koperasi Binaan Provinsi Jawa Barat, Koperasi Kota dan Kabupaten Jawa Barat, serta UMKM Juara Kabupaten Bekasi dan tamu undangan lainnya.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh  Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan yang menyampaikan apresiasi kepada seluruh penggiat koperasi yang telah hadir dan antusias  dalam memeriahkan acara Hari Koperasi Nasional. Selain itu juga Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan berharap agar koperasi-koperasi yang ada di Jawa Barat dapat lebih unggul dan mampu membangkitkan semangat berkoperasi untuk masyarakat.

“Koperasi harus semakin berani unggul, koperasi kita juga harus bersaing secara sehat dan semakin  maju dan mengajak masyarakat-masyarakat Indonesia untuk mengikuti koperasi karena mengingat tema acara hari ini yaitu Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat,” ucapnya  saat melakukan pembukaan acara hari Koperasi.

Penyambutan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum oleh Drs. Kusmana Hartadji, MM. selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat beserta FORKOPIMDA (27/07).

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan-penghargaan dari dinas Koperasi dan UKM Kab. Bekasi diantaranya Koperasi Digital, Koperasi Kemitraan, Koperasi Unit Usaha, Koperasi Aset Terbesar, Koperasi Pendampingan, selain itu juga penghargaan lainnya dari dinas koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat yaitu penyerahan piagam Pelaksanaan RAT Tepat Waktu, penyerahan piagam untuk Partisipasi HARKOP, penyerahan Sertifikat PEMKES Koperasi, dan Penyerahan secara simbolis kepada penerima hibah.

Bersamaan dengan apa yang disampaikan oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Wakil Gurbenur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum juga menyampaikan agar koperasi saat ini mengikuti perkembangan dunia digital yang ada karena dengan adanya dunia digital yang ada akan mempermudah segala hal selain itu juga sifatnya cepat dan akurat.

“Selain mengikuti perkembangan yang ada, harapan kami untuk para pengurus koperasi dapat merekrut anak muda, karena anak muda memiliki dedikasi yang hebat dan harus dikolaborasikan antara anak muda dengan orang tua ini akan menambahkan sebuah kekuatan, karena kekuatan timbul dari kebersamaan. Dengan merekrut anak muda akan menghasilkan sebuah inovasi-inovasi yang baru di koperasi itu sendiri,” ungkap wakil gurbenur jawa barat Uu Ruzhanul Ulum.

Tidak hanya pembukaan, acara kegiatan juga dimeriahkan oleh banyak stan-stan unit usaha dari masing-masing kota dan kabupaten di Jawa Barat yang memamerkan produk koperasi dan UMKM yang diikuti oleh koperasi masyarakat, koperasi perusahaan, koperasi pegawai dan yang lainnya. Kegiatan lainnya juga terdapat hiburan, doorprize dan lomba untuk anak-anak.

Kunjungan Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Kelola Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM Suparyono mendatangi stan dan memberikan support kepada Koperasi BUMI untuk melihat produk-produk hasil dari UKM (27/07).

Koperasi Konsumen Bina Usaha Mandiri Indonesia (BUMI) juga turut hadir memeriahkan stan dengan produk-produk dari UKM unggulan mereka, Koperasi BUMI juga menerima penghargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Kab. Bekasi untuk Partisipasi HARKOP. Hely Herlina Ayudia selaku ketua dari Koperasi BUMI memberikan kesan dan pesannya untuk acara peringatan Hari Koperasi Ke-76.

Penyerahan penghargaan “Partisipasi Hari Koperasi Nasional” dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi kepada Koperasi BUMI oleh Wakil Gurbenur Jawa Barat (27/07).

“Kami membawa banyak produk-produk dari anggota UKM kami seperti Roti, gula aren, dodol, wajit, aromanis, brownies, sale pisang, dan masih banyak lagi. Harapan saya untuk acara hari ini semoga dapat memperkenalkan dan membantu produk-produk dari UKM kami kepada masyarakat luas serta tamu-tamu undangan yang hadir di acara hari in selain itu juga perayaan Hari Koperasi Nasional ini diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat berkoperasi,” ungkap Hely Herlina Ayudia sebagai ketua dari Koperasi BUMI.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan Pemrov Jabar yang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Koperasi Digital (Singakota). Aplikasi digital ini merupakan sebuah inovasi baru Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat memiliki fungsi untuk mengawasi koperasi.

Bersama Koperasi BUMI, #UKMBISA !! 💪🏻

#koperasi #koperasikonsumen #koperasibandung #bahanbaku #koperasibisa #koperasiBUMI


Penulis : Sarah Zhafira Subakat

Previous Post
Newer Post

Leave A Comment

No products in the cart.

X